Translate

Minggu, 10 Juni 2012

Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa



Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.
Di kepulauan Karimunjawa terdapat 24 pulau.
Pulau yang berpenghuni yakni pulau Karimunjawa, pulau Kemujan, pulau Nyamuk, pulau Parang dan pulau Genting.
Pulau yang tak berpenghuni yakni Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Besar, Cemara Kecil, Geleyang (30 ha), Burung, Bengkoang (92 ha), Kembar (11,2 ha), Katang (2,8 ha), Krakal Besar (2,8 ha), Krakal Kecil (2,8 ha), Sintok, Mrican, Tengah, Pinggir, Cilik (2 ha), Gundul, Seruni, Tambangan, Cendekian, Kumbang (8,8 ha), Mencawakan (atau Menyawakan).

Kepulauan Karimunjawa memberikan liburan yang menarik bagi anda yang menyukai diving, snorkling, berjemur, bermain di pantai yang jernih, dan banyak hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan.
Untuk menempuh tempat tujuan, para wisatawan harus menggunakan kapal penyeberangan di pelabuhan Tanjung Emas Semarang atau di pelabuhan Jepara. Para wisatawan yang mempunyai budget lebih bisa menyewa pesawat dari bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.
Sekarang, berlibur ke karimunjawa lebih mudah dengan adanya paket liburan yang disediakan oleh para biro wisata yang ada disekitarnya.


Untuk lebih jelasnya silahkan klik link dibawah ini,
An Official Site TN Karimunjawa http://karimunjawanationalpark.org/visit-karimunjawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar